√ Model - Model Sistem Politik

Model - Model Sistem Politik

MODEL - MODEL SISTEM POLITIK

MODEL - MODEL SISTEM POLITIK PENGERTIAN SISTEM POLITIK
Gambar Ilustrasi

Pengertian Sistem Politik

Sistem politik mempunyai banyak pengertian diantaranya adalah: Menurut Robert Dahl, sistem politik mencakup dua hal yaitu pola yang tetap dari hubungan antar manusia kemudian melibatkan sesuatu yang luar tentang kekuasaan,aturan dan kewenangan.

Menurut Gabriel Almond, sistem politik antara lain adalah merupakan sistem interaksi yang ditemui dalam masyarakat merdeka, yang menjalankan fungsi penyatuan dan penyesuaian [1].

Sistem politik terdiri dari berbagai sub sistem seperti misalnya sistem kepartaian, sistem pemilihan umum, sistem pemilihan kepala daerah, sistem budaya politik, dan sistem peradaban lainnya.

Budaya politik merupakan satu komponen dalam sistem politik. Komponen sistem politik lainnya adalah struktur politik.

Budaya politik dapat dipandang sebagai landasan sistem politik,yang memberi jiwa atau warna pada sistem politik, atau yang memberi arah pada peran-peran politik yang dilakukan oleh struktur politik [2].

Ada dua tingkat orientasi politik, yaitu di tingkat masyarakat dan di tingkat individu. Orientasi individu terhadap sistem politik dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu orientasi kognitif, orientasi afektif dan orientasi evaluatif. Di dalam realitas kehidupan, ketiga aspek itu merupakan satu kesatuan.

Aspek budaya politik lainnya adalah pandangan atau sikap sesama warga negara.sikap ini berkaitan dengan “rasa percaya” (trust) dan “permusuhan” (hostility). Adanya sikap saling percaya menumbuhkan kerja sama, sedangkan konflik bisa terjadi manakala diantara berbagai pihak dalam masyarakat ada hubungan saling bermusuhan.

Gabriel A. Almond dan Sidney Verba mengklasifikasi budaya politik ke dalam tiga tipe, yaitu: budaya politik parokial, budaya politik subjek dan budaya politik partisipan.

Afan Gaffar menyebut tiga ciri budaya politik Indonesia yang dominan, yaitu : hirarki yang ketat, kecenderungan patronage, dan kecenderungan neo-patrimonialistik.

Model politik yang akan diuraikan ini lebih dilihat dari sudut historis dan perkembangan sistem politik, di mulai dari otokrasi tradisional ke totaliter dan sampai pada demokrasi. Diantara ketiga model sistem politik ini terdapat berbagai sistem politik yang timbul karena disesuaikan dengan kultur dan struktur masyarakat setempat maupun yang timbul sebagai kombinasi unsur-unsur terbaik dari ketiga sistem politik tersebut.

MODEL - MODEL SISTEM POLITIK

Sistem Politik Otokrasi Tradisional

1. Kebaikan Bersama

Faktor kebaikan bersama menyangkut pemahaman mengenai dua hal, yaitu persamaan dan kebebasan politik individu.

2. Identitas Bersama

Faktor yang mempersatukan masyarakat dalam sistem politik ialah faktor primordial (suku bangsa, ras, dan agama).

3. Hubungan Kekuasaan

Kekuasaan dalam sistem ini cenderung bersifat pribadi, negatif, dan sebagian kecil lagi bersifat konsensus.

4. Legitimasi Kewenangan

Kewenangan otokrat bersumber dan berdasarkan tradisi. Ia memiliki kewenangan karena ia merupakan keturunan dari pemimpin terdahulu.

5. Hubungan Ekonomi dan Politik

Di samping terdapat jurang politik (kekuasaan) yang lebar antara penguasa dan penduduk di pedesaan, dalam sistem otokrasi tradisional ini pun terdapat jurang yang lebar dalam ekonomi, yaitu antara otokrat dan kelompok kecil elit penguasa yang mengitarinya, yang sekaligus merupakan pemegang kekayaan dan massa petani yang tak memiliki apa-apa selain tenaga mereka [3].

6. Sistem Politik Totaliter

Sistem politik totaliter sangat menekankan konsensus total di dalam masyarakatnya tetapi konflik total pula dengan musuhnya di dalam negeri maupun di luar negeri.

Komunisme merupakan pemberontakan besar pertama dalam abad keduapuluh terhadap sistem ekonomi yang kapitalistis dan liberal, sedangkan fasisme merupakan pemberontakan kedua terhadap kapitalis dan liberal maupun terhadap komunisme. Komunisme merupakan pengaturan pemerintahan dan masyarakat secara totaliter dengan suatu kediktatoran yang mewakili kaum proletar (pekerja).

Fasisme merupakan pengaturan pemerintahan dan masyarakat secara totaliter dengan suatu kediktatoran tunggal.

Sistem Politik Komunis

1. Kebaikan Bersama

Sistem ini ditandai dengan prinsip sama rata sama rasa dalam bidang ekonomi, dan sekularisme yang radikal tatkala agama digantikan dengan ideologi komunis yang bersifat doktriner dan eskatologis.

2. Identitas Bersama

Faktor sakral yang mempersatukan masyarakat dalam sistem ini ialah ideologi yang bersifat doktriner dan eskatologis.

3. Hubungan Kekuasaan

Kekuasaan dalam sistem ini dimonopoli dan dolaksanakan secara sentral dengan partai tunggal. Kekuasaan paksaan yang dilaksanakan oleh militer dan polisi rahasia lebih menonjol daripada kekuasaan konsensus.

4. Legitimasi Kewenangan

Dasar kewenangan pemimpin dalam sistem ini berupa peranan mereka sebagai ideolog, yaitu penafsir dan pelaksana ideologi yang bersifat doktriner, dan eskatalogis.

5. Hubungan Politik dan Ekonomi

Pemerintah yang dikelola oleh partai tunggal mengendalikan kegiatan ekonomi dalam koordinasi unit ekonomi maupun dalam pengadaan barang dan jasa.

6. Sistem Politik Demokrasi

Dari sudut pandang struktural,sistem politik demokrasi secara ideal ialah sistem politik yang memelihara keseimbangan antara konflik dan konsensus.

7. Kebaikan Bersama

Persamaan kesempatan politik bagi setiap individu dijamin dengan hukum. Setiap individu memiliki kebebasan untuk mengejar tujuan hidupnya.

8. Identitas Bersama

Faktor yang mempersatukan masyarakat dalam sistem politik demokrasi ialah bersatu dalam perbedaan. Contohnya,Bhinneka Tunggal Ika untuk Indonesia dan Unity in Diversity untuk Amerika Serikat.

9. Hubungan Kekuasaan

Dalam sistem politik demokrasi terdapat distribusi kekuasaan yang relatif merata diantara kelompok sosial dan lembaga pemerintahan.

10. Legitimasi Kewenangan

Prinsip kewenangan dan legitimasi dalam sistem ini bersifat prosedural yang diatur dalam konstitusi.

11. Hubungan Politik dengan Ekonomi

Berdasarkan koordinasi unit ekonomi maupun dalam pemilikan barang dan jasa, pemerintah dan swasta ikut ambil bagian secara aktif sesuai dengan setiap porsinya.

Sistem politik demokrasi membiarkan semua subkultur berkembang sehingga akan melahirkan pluralisme (kemajemukan). Demokrasi menghendaki konstitusi dan demokrasi menghendaki sumber-sumber ekonomi yang relatif cukup untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Sistem Politik Negara Berkembang

Sistem politik yang ada di negara ini juga sedang mencari bentuk yang selaras dengan tingkat perkembangan masyarakat maupun kultur dan struktur masyarakatnya.

Dalam masyarakat ini pemerintah (eksekutif) sangat berperan dalam mengembangkan identitas bersama dan merumuskan kebaikan bersama maupun dalam melakukan pembangunan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Kekuasaan pemerintah dan campur-tangan pemerintah yang begitu luas dalam masyarakat pada satu pihak berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Masyarakat-negara yang berkembang ini belum menemukan pola hubungan politik dengan ekonomi yang cocok.

Referensi
[1] Inu Kencana Syafiie.2009.Pengantar Ilmu Politik. Pustaka Reka Cipta: Jawa Barat. hal 333
[2] Bambang Suteng, dkk.2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Erlangga: Jakarta. hal 3
[3] Ramlan Surbakti.1992. Memahami Ilmu Politik. PT Grasindo: Jakarta. hal 221-232
Berlangganan Artikel Gratis :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan

( 1 ) Komentar untuk "Model - Model Sistem Politik"

  1. Penting nih biat diketahui soalnya sekarang masih banyak yang ga tahu komunis itu bagaimana sampai disama samain dengan fasisme

    BalasHapus