ARTIKEL, CATATAN SOSIOLOGI, REVIEW BACAAN, REVIEW ANIME DAN ONLINE T-SHIRT AMATERASU

ONE PIECE REVIEW CHARACTER

Author Anggiana Gigi - -







One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.
One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.
Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.

Monkey D. Luffy (Mugiwara no Rufi)
Luffy (モンキー・D・ルフィ) memiliki cita-cita menjadi raja bajak laut setelah bertemu dengan Shanks Si Rambut Merah yang singgah di pulau kelahirannya, Fusha. Topi jerami yang menjadi ciri khasnya adalah pemberian dari shanks dengan janji memberikan topi itu kembali kepadanya saat mereka bertemu kembali.
Luffy adalah pemakan buah iblis Gomu Gomu sehingga ia menjadi manusia karet. kemampuan ini membuatnya tubuhnya memiliki atribut yang sama dengan karet. seperti melar, peredam listrik, dsb.
Ciri khas bertarungnya adalah menyerang dengan memanjangkan bagian tubuhnya. Semua nama jurusnya selalu diawali dengan kata "Gomu-gomu" dan kemudian diikuti dnegan nama senjata atau artileri (contoh: 'Gomu Gomu no Pistol', 'Gomu Gomu no Bazooka', 'Gomu Gomu no Gatling', dll).
Gear Second: Teknik mempercepat aliran darah tetapi organ tubuhnya tidak hancur karena atribut karet pada tubuhnya. Efek dari Gear Second ini adalah kecepatan atau agility meningkat. Kata "jet" juga ditambahan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Jet pistol). Jika ditambah dengan haki, tinjunya jadi menimbulkan efek ledakan.
Gear Third: Teknik memberpesar tulang dengan meniupnya seperti balon. Efek dari Gear Third adalah kekuatan serangannya meningkat, namun kecepatan serangan menurun. Kata "Gigant" juga ditambahan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Gigant Pistol). Jika ditambahkan haki tangannya menjadi hitam dan semakin keras.
Hybrid: Gabungan dari Gear Second dan Gear Third. Kata "Shell" ditambahan dalam nama jurusnya. Nilai bounty 500.000.000 berry.

Roronoa Zoro (Kaizoku Gari no Zoro)
Zoro (ロロノア・ゾロ) Merupakan kru pertama yang ikut bergabung dalam kelompok topi jerami. Teknik bertarungnya menggunakan 3 pedang yang merupakan pedang langka dalam dunia one piece. Zoro memiliki cita-cita untuk menjadi pendekar pedang terkuat di dunia, mewarisi cita-cita sahabat masa kecilnya, Kuina, yang meninggal karena kecelakaan.  Zoro punya kekuatan dan kecepatan yang luar biasa, terlihat seperti di cerita dia dapat membelah gerbong kereta api, mengangkat bongkahan batu besar dan meletakkan di kedua tangannya atau mengangkat tubuh Dalton. Zoro adalah pendekar pedang yang berbakat, dapat menggunakan satu, dua, atau tiga pedang dengan cekatan. Karena dia tidak punya "tangan ketiga", Zoro menggunakan mulut untuk membawa pedang ketiganya. Membuatnya menciptakan seni berpedangnya sendiri, santoryuu (seni tiga pedang). Zoro juga punya stamina yang sangat abnormal, dalam setiap pertempuran, Zoro kehilangan terlalu banyak darah dan masih sanggup bertempur dalam waktu yang lama. Dalam kru Bajak Laut Topi Jerami, Zoro berperan sebagai petarung utama dan kadang kadang bisa disebut sebagai Wakil Kapten kelompok bajak laut topi jerami. Nilai bounty 320.000.000 berry.

Nami (Dorobou Neko)
Nami (ナミ) adalah Navigator dari kelompok topi jerami yang dapat merasakan perubahan cuaca dengan tubuhnya. Kemampuan lain selain navigasi adalah mencuri. Cita-cita dari adalah membuat peta seluruh dunia. Senjata yang digunakan adalah tongkat dengan berbagai modifikasi dari Usopp. Nami memiliki masa lalu yang kelam dan sampai sekarang belum diketahui orang tua asli Nami, ia memiliki seorang kakak perempuan yang bernama Nojiko, dan saat Nami masih bayi dia sudah dirawat oleh angkatan laut yang bernama Belle-mère. Nami adalah navigator dan kartografer serta klimatolog yang handal dan profesional. Dia punya kemampuan untuk mengetahui cuaca dan perubahannya (terutama di Grand Line). Juga dapat meramal cuaca dan badai yang tidak terduga yang sering muncul di Grand Line dengan instingnya serta suhu tubuhnya. Dia juga pencuri dan copet yang hebat. Seperti mencuri semua dompet penduduk desa dan mencuri kunci tanpa sepengetahuan mereka. Nilai bounty 66.000.000 berry.

Usopp (Sogeki no Ou-sama)
Usopp (ウソップ) Penembak jitu di kelompok bajak laut topi jerami. Usopp adalah putra dari Yasopp, penembak jitu dari kelompok bajak laut Shanks. Bercita-cita menjadi penembak jitu pemberani di seluruh lautan dan ingin pergi ke Pulau Elbaf. Ayahnya, Yasopp, adalah seorang penembak jitu di Kelompok Bajak Laut Shanks. Sangat suka berbohong, dan bercerita yang tinggi-tinggi. Walaupun seorang pembohong, Usopp adalah seseorang yang (sebenarnya ingin) memiliki harga diri tinggi. Tetapi jika ada sebuah pertempuran, dia lari ketakutan dan malah menemui musuh yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya (seperti God Enel) dan akhirnya melawannya. Bertarung dengan memakai tembakan ketapel dengan peluru unik dan jebakan-jebakan. Setelah 2 tahun latihan mampu mengendalikan pop green, tumbuhan yang bisa tumbuh dengan agresif dan cepat. Menurut dirinya sendiri, termasuk 3 orang terlemah di kelompok. Walaupun termasuk 3 terlemah, dia merupakan orang yang berani bertarung melawan sang kapten Monkey D. Luffy dan membakar bendera Pemerintah Dunia. Nilai bounty 200.000.000 berry.

Sanji (Kuro Ashi No Sanji)
Sanji (サンジadalah seorang koki, Ia menjadi anggota ke-5 yang secara resmi bergabung menjadi anggota kelompok bajak laut topi jerami. Koki yang bercita-cita menemukan lautan legendaris di mana semua sumber bahan makanan berasal, All Blue. Ia juga merupakan murid dari Zeff si Kaki Merah, koki handal dari Restoran Baratie yang dulunya bajak laut. Sangat genit terhadap wanita. Sanji mempunyai prinsip yaitu tidak akan melukai wanita walaupun harus mati. Sanji menggunakan kedua kakinya untuk bertarung dan tidak pernah menggunakan tangannya karena menurutnya,tangan adalah harta karun bagi seorang koki. Bertarung dengan teknik tendangan yang sangat kuat. Dia juga bisa memakai tenknik "Diable Jump" yang membuat kakinya mengeluarkan api. Teknik ini bisa memperkuat tendangannya dan memberikan efek terbakar pada musuhnya. Termasuk 3 anggota terkuat kelompok bajak laut topi jerami. Nilai bounty 177.000.000 berry.


Tony Tony Chopper
Chopper (トニートニー・チョッパー,) adalah anggota ke-6 yang bergabung ke dalam kelompok tersebut dan posisinya sebagai dokter di kelmpok bajak laut topi jerami. Chopper dilahirkan sebagai seekor rusa kutub aneh yang berhidung biru. Ia sangat diasingkan oleh kelompok rusa kutub lainnya karena keanehannya tersebut. Suatu hari ia memakan buah iblis tipe Zoan yakni Hito Hito. Ia kemudian dapat berbicara dan berpikir seperti layaknya manusia, dan pada akhirnya dia dibuang oleh orang tuanya. Kekuatan buah hito-hito juga membuatnya bisa berubah menjadi berbagai macam wujud termasuk menjadi berubah wujud menjadi monster. Jurusnya antara lain yaitu Heavy Point, Walk Point dan jika ia memakan Rumble Ball, maka perubahan wujudnya bertambah, yakni Guard Point, Jumping Point, Arm Point, Lalu arm point yang membuatnya memiliki otot lengan yang kuat. Berguna untuk memukul musuhnya. Kemudian ada Horn Point. Wujud yang dipakai adalah wujud binatangnya. Lalu ada brain point yang membuatnya mengetahui kelemahan musuh. Wujudnya dalam kondisi brain point adalah bentuk manusia-binatangnya. Bila Rumble Ball kedua dimakan 6 jam sebelum Rumble pertama maka Chopper tidak dapat mengendalikan perubahan wujudnya. Bila Rumbell Ball ketiga dimakan dalam waktu yang tak terlalu lama maka ia berubah menjadi monster yang tidak dapat membedakan antara teman dan musuh.Tapi setelah dia berlatih selama 2 tahun kemudian Chopper bisa berubah dalam 6 bentuk tanpa memakan Rumble Ball dan memiliki perubahan wujud baru, yaitu horn point. Digunakan untuk melawan daruma di negeri bawah laut. Nilai bounty 100 berry.


Nico Robin
Robin (ニコ・ロビンadalah anggota ke-7 yang bergabung di kelompok bajak laut topi jerami. Robin merupakan wanita yang sangat cerdas dan terjaga emosinya, dia selalu diam dan membaca buku dari pada kru-kru lainnya yang sangat banyak tingkah. Pertama kali terlihat Ia akan terlihat Jutek dan Judes tapi ternyata Ia adalah seorang Wanita dewasa yang jarang memperhatikan masalah orang disekitarnya. Robin adalah Arkeolog satu-satunya di dunia yang tersisa dari Pulau Ohara yang meneliti asal usul penyandang inisial D melalui Poneglyph yang mungungkapkan kejadian yang sebenarnya pada sejarah 100 tahun yang hilang. Merupakan buruan paling dicari oleh pihak pemerintah dunia karena dianggap sebagai iblis yang dapat mengacaukan perdamaian dunia. Hal ini dibuktikan dengan nilai buruan pada saat umurnya 8 tahun sangat tinggi. Pemakan buah iblis Hana Hana sehingga dapat menggandakan anggota tubuhnya dimana saja (tetapi lebih sering menggandakan tangannya). Bertarung dengan mengandakan tubuhnya, bisa digunakan untuk berbagai variasi jurus (seperti menumbuhkan tangan di tubuh lawan lalu memukulnya). Saat menggunakan kekuatannya dia menyilangkan tangannya. Nilai bounty 130.000.000 berry. 

Franky (Cutty Flam)
Franky (Cyborg) adalah anggota ke-8 yang bergabung kedalam kelompok bajak laut topi jerami. Franky merupakan insinyur kapal yang bercita-cita membangun kapal impian, kapal yang mampu mengarungi seluruh lautan seperti kapal Raja Bajak Laut Gold D. Roger, Oro Jackson, yang dibuat oleh Tom. Saat Tom ditangkap oleh angkatan laut, Frangky berniat menghentikan kereta api atas laut yang mengangkut Tom ke Ennies Lobby. Sebagai akibat, Ia tertabrak kereta tersebut dan nyaris meninggal. Untuk bertahan hidup, Ia mengubah struktur tubuhnya dengan berbagai teknologi hingga menjadi cyborg. Teknik bertarung Franky cukup bervariasi. Ia menggunakan senjata yang tersembunyi di seluruh tubuhnya, dan menggunakan cola sebagai bahan bakar. 2 tahun kemudian, setelah berkumpul kembali, Frangky merakit ulang tubuhnya dengan teknologi canggih dari angkatan laut, yang merupakan hasil penelitian dari Vega Punk, Seorang ilmuwan dari angkatan laut. Nilai bounty 94.000.000 berry.

Brook (Soul King)
Brook (ブルック) adalah anggota ke-9 yang ikut bergabung kedalam kelompok bajak laut topi jerami. Brook adalah Manusia tengkorak berambut afro dan juga seorang pemusik yang direkrut setelah peristiwa Thriller Bark. Dia merupakan bajak laut yang berjanji pada seekor paus yang bernama Laboon dan bercita-cita untuk meneruskan perjalanan hingga Raftel,pulau ujung dunia dan berjanji akan kembali lagi menemui Laboon. Bertarung dengan menggunakan pedang dan biolanya. Kekuatan musiknya bisa menghipnotis orang yang mendengarkan lagunya dan juga bisa menidurkan orang. Pemakan buah iblis Yomi Yomi yang artinya hidup kembali. Sebenarnya dia sudah lama meninggal, tetapi karena kekuatan buah iblis ini arwahnya kembali dan menemukan jasadnya yang telah tinggal tulang belulang. Setelah 2 tahun berlatih mampu menyambung tubuhnya yang putus pedangnya bisa membekukan. Nilai bounty 83.000.000 berry.


Download serial manga dan anime-nya di http://mangaku.web.id/



loading...
  Diberdayakan oleh Google TerjemahanTerjemahan